Modal penguasaan bahasa asing membantu Anda berkompetisi di dunia kerja. Salah satu bahasa asing yang sudah menjadi standar internasional adalah bahasa Inggris.
Berbagai Tips Pintar Bahasa Inggris
Bahasa Inggris adalah bahasa asing yang cukup mudah dipelajari. Yang penting adalah niat dan usaha Anda untuk mempelajari bahasa ini.Beberapa tips pintar bahasa Inggris yang bisa Anda coba adalah sebagai berikut:
- Pelajari dasar-dasarnya dahulu.
Berbeda dengan bahasa Indonesia, di dalam bahasa Inggris, ada istilah grammar dan tenses yang membedakan waktu penggunaan setiap kalimat. Kedua hal inilah yang paling sulit dipahami dan perlu usaha ekstra keras.
- Membaca buku bahasa Inggris.
Saat menemukan kata-kata yang sulit dimengerti, Anda bisa mencoba membuka kamus dan mencari maknanya. Dengan membaca perbendaharaan kosa kata Anda akan meningkat dengan cepat.
- Mendengarkan lagu berbahasa Inggris.
- Menonton film berbahasa Inggris.
Menonton dan mendengarkan akan membantu Anda dalam mengerti cara pengucapan berbagai kata. Dengan menonton film yang berbahasa Inggris, Anda juga bisa mengetahui bahasa sehari-hari yang bisa digunakan dalam percakapan.
- Praktekkan.
Anda bisa mulai praktek dengan menulis cerita atau artikel berbahasa Inggris. Untuk komunikasi secara langsung, Anda bisa mencoba berbicara dalam bahasa Inggris dengan pihak-pihak tertentu, misalnya dengan atasan Anda yang merupakan orang asing, dengan teman-teman rekan kerja, dengan bule yang Anda temui di jalan dan orang lain yang bisa Anda ajak bicara.
Semakin sering Anda melatih kemampuan bahasa ini dengan praktek, Anda akan semakin cepat menjadi pintar bahasa Inggris.
Tips pintar bahasa Inggris ini akan bermanfaat saat Anda menerapkannya dalam proses belajar. Tanpa praktek, segala macam teori yang Anda kuasai akan sia-sia belaka.
Praktekkan dan nikmatilah proses belajar Anda dan bahasa Inggris nantinya bisa menjadi salah satu modal Anda dalam pekerjaan Anda.
Memanfaatkan Video Pembelajaran
Ketika teknologi berkembang, materi tertulis pernah kurang populer dalam belajar bahasa asing. Orang-orang tampaknya tidak lagi menemukan kesenangan dalam membaca buku. Seni menerapkan teknologi baru untuk masalah pembelajaran bahasa praktis sangat baik ditunjukkan di sini dengan penghargaan dan memotivasi hasil.Sebagai guru saya setuju, baik lagu dan video memainkan peranan penting dalam proses belajar mengajar bahasa asing, karena mereka menggunakan situasi kehidupan nyata dengan kehidupan nyata ekspresi dan kekhasan lainnya.
Perbedaan utama antara lagu dan video adalah bahwa dalam kedua, ada arti lain ada yang terlibat: dan ada pula materi yang di lihat. Namun, hanya dengan menonton TV saja bukan lah sarana baik untuk mengajar bahasa Inggris, karena itu semua ada dan terlalu memudahkan, gambar, karakter, script, meninggalkan sangat sedikit yang tersisa untuk imajinasi kita.
Ada banyak ide untuk digunakan ketika mencoba untuk mengajar Bahasa Inggris dengan bantuan video. Satu saran mungkin untuk mematikan suara dan meminta siswa untuk membuat dialog dari adegan mereka baru saja saksikan.
Ide lain adalah dengan membiarkan hanya bagian dari kelas menonton video, lalu minta mereka menjelaskan kepada orang lain apa yang mereka telah melihat dan mengerti.
Guru juga dapat membekukan saat-saat tertentu dari video, dengan mengamati dan berhenti pada saat-saat yang sangat menarik, kemudian meminta siswa untuk memprediksi apa yang mungkin terjadi selanjutnya.
Antara Efektifitas dan Signifikasi
Fungsi utama menggunakan video selama kelas bahasa Inggris adalah akan memotivasi dan membantu siswa untuk memahami bahasa ini, tapi tetap saja, ada beberapa aturan untuk mengikuti untuk mendapatkan hasil yang baik:- Pertama-tama, bagian film atau video tidak boleh lebih dari 5 menit, untuk membantu mereka memahami dengan benar tentang apa itu dan apa tugas mereka. Eboza.com
- Kedua, disarankan untuk membuat prediksi yang tepat dari waktu siswa mungkin diperlukan untuk melakukan tugas.
- Ketiga, mereka juga harus melakukan kritisi pada konteks di mana video yang digunakan, video harus menjadi bagian dari manajemen seluruh pelajaran. Elemen penting adalah memiliki tujuan yang jelas untuk menggunakan video dan juga untuk dapat memahami kebutuhan siswa seperti: penjelasan kosakata, menebak kata-kata dari konteks atau dari menggunakan gerak tubuh dan ekspresi wajah.
- Pertama dari mereka bisa menjadi role-playing, misalnya setelah siswa memerankan dialog dan garis dari video, menekankan intonasi yang benar dan pengucapan.
- Yang lainnya adalah wawancara. Guru meminta siswa untuk bergerak di sekitar kelas dan wawancara satu sama lain dengan menggunakan pertanyaan-pertanyaan yang dapat ditemukan dalam video. Kemudian siswa dapat membuat laporan kepada seluruh kelas tentang orang wawancara.
- Ini juga dapat terjadi dan bermain drama yang diatur dalam situasi semacam kesenjangan informasi. Guru membagi kelas menjadi dua. Setengah dari kelas menonton video tanpa suara, dan yang lainnya mendengarkan tanpa gambar. Kemudian guru dapat menempatkan siswa di pasang dari tiap babak, agar mereka membahas situasi dan karakter dan melakukan adegan di depan kelas.
- Coba kegiatan lain pasca-menonton dan dilakukan secara acak membagi-bagikan fragmen tertulis dari dialog video dan meminta siswa untuk menempatkan garis bersama-sama untuk menciptakan adegan.
- Bagaimanapun juga, jenis yang paling klasik dari aktivitas membahas sebelum atau setelah menonton video. Ada banyak topik bagi siswa, yang mengacu pada rencana umum, perasaan, tindakan, pikiran karakter utama dalam adegan. Dan juga dapat meminta siswa untuk membedakan yang mana karakter yang mereka sukai dan mengapa? atau yang mana mereka mengidentifikasi dengan dan mengapa?
- Utau untuk berpikir tentang hal-hal yang karakter dalam adegan berpikir, tapi tidak mengatakan dengan keras, dan memberikan alasan tentang 'sikap si karakter. Siswa dapat membuat monolog batin tersebut dan kemudian menyajikan hasilnya di depan kelas, dalam rangka untuk mendiskusikan ide-ide mereka tentang video.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar