Rabu, 29 Mei 2013

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Ibu yang sedang hamil harus mengetahui makanan sehat untukibu hamil. Hal ini penting karena terpenuhi atau tidaknya nutrisi bayi dalam kandungan, tergantung dari makanan yang dimakan oleh sang ibu. Selama kehamilan anda harus memastikan bahwa makanan yang anda makan adalah makanan sehat untuk ibu yang sedang hamil. Hal ini perlu jika anak anda ingin tumbuh sehat dikemudian hari dan tidak kekurangna nutrisi. Berikut ini ada 6 makanan sehat untuk ibu hamil yang mudah ditemui disekitar anda.
makanan sehat untuk ibu hamil
1. Telur
Telur mengandung 12 vitamin dan mineral dan banyak mengandung banyak protein kualitas, yang penting untuk kehamilan. Untuk pertumbuhan sel-sel bayi anda dibutuhkan protein, karena sel-sel bayi terbentuk dari protein. Selain itu protein memang dibutuhkan oleh anda juga ketika hamil.
Kandungan lain yang terdapat pada telur yaitu kolin, yang berfungsi mendorong pertumbuhan bayi dan kesehatan otak, selainitu membantu mencegah cacat tabung saraf.  Beberapa jenis telur bahkan mengandung omega-3 yang sangat penting untuk kecerdasan otak dan pengembangan penglihatan.
Saat ini telur dicap sebagai sumber kolesterol. Sebuah penelitian terpercaya membuktikan bahwa memang pada telur itu terdapat kolestrol yang tinggi akan tetapi memiliki kandungan lemak jenuh yang rendah dengan sekitar satu setengah gram perbutirnya. Sehingga wanita sehat dengan kolesterol darah normal dapat mengkonsumsi satu sampai dua butir telur sehari sebagai bagian dari diet seimbang rendah lemak jenuh. Eboza.com

2. Kacang

Kacang-kacangan di Indonesia sanagat banyak pilihannya. Manfaat kacang bagi wanita hamil sudah tidak diragukan lagi. Dari semua jenis kacang yang ada, buncis mengandung serat terbaik dan protein yang paling banyak dari semua jenis sayuran. Jika anda bertanya mengapa ibu hamil juga perlu makanan berserat? Pada kehamilan, saluran pencernaan menjadi melambat, Ini menyebabkan resiko untuk sembelit dan wasir.  Nah serat inilah yang dapat membantu mencegah dan meringankan masalah sembelit dan wasir. Kelebihan lain dari kacang-kacangan terutama bijinya, merupakan sumber yang baik dari besi, folat, kalsium, dan seng.
3. Ubi Jalar

Mungkin anda bertanya kenapa ubi jalar menjadi salah satu makanan sehat untuk ibu hamil? Jawabannya karena ubi jalar mempunyai warna oranye yang terdiri dari karotenoid, pigmen tanaman yang dikonversi menjadi vitamin A dalam tubuh kita, Jadi asupan vitamin A bisa diperoleh dari ubi jalar yang berwarna kuning atau oranye.
Jika mengkonsmsi vitamin A yang berasal dari sumber makanan hewani, seperi hati, susu, telur jika terlalu banyak akan berbahaya. Lain halnya jika vitamin A itu berasal dari karotenoid yang ada pada ubi jalar. Zat ini dikonversi menjadi vitamin A jika diperlukan saja, sehingga tidak perlu untuk membatasi konsumsi vitamin A yang kaya buah-buahan dan sayuran. Ubi juga merupakan sumber vitamin C, folat, dan serat. Ubi juga mudah mendapatkannya dan harganya bisa terjangkau oleh semua kalangan.
4. Sayuran Daun Berwarna Hijau Tua
Makanan sehta untuk ibu hamil berikutnya adalah sayuran daun berwarna hijau tua. Sayuran daun berwarna hijau kaya akan vitamin dan nutrisi termasuk vitamin A, C, K serta folat yang sangat penting untuk  bayi dan tubuh ibunya, contohnya bayam dan brokoli.  Sayuran juga dapat meningkatkan kesehatan mata.

5. Daging tanpa Lemak
Daging adalah makanan sumber protein tinggi. Jika ingin memakan daging carilah daging tanpa lemak atau lemaknya yang telah dipisahkan. Dilapangan, sangat susah untuk mendaptkan daging yang bebas dari lemak.  Jangan makan hot dog, kecuali jika dagingnya dipanaskan dengan uap panas. Ada risiko dalam makanan seperti ini, karena bisa menjadi perantara bakteri dan parasit dari daging seperti toxoplasma Listeria monocytogenes, atau salmonella pada bayi.

6. Buah-buahan dan sayuran Beraneka Warna
Makan berbagai berbagai warna sayur serta buah seperti warna hijau, merah, oranye, kuning, ungu, putih akan memberikan berbagai nutrisi untuk bayi anda. Setiap kelompok warna yang berbeda akan menyumbangkan vitamin, mineral, dan antioksidan untuk bayi anda.
Keuntungan lain di seluruh spektrum makan buah dan sayuran adalah Selama tahap akhir kehamilan, bayi ‘mencicipi’ makanan yang Anda makan melalui cairan ketuban. Jadi jika Anda sudah memperkenalkan bayi Anda pada berbagai buah-buahan sehat dan sayuran dalam rahim, akan meningkatkan peluang bayi Anda akan mengenali rasa buah dan sayuran nantinya.

Saran memakan makanan sehat untuk Ibu Hamil

Para ibu hamil, bisa memilih jenis makanan diatas. Tetapi, jika terlalu banyak memakan yang itu saja maka akan kelebihan vitamin itu dan vitamin yang lainnya kekurangan. Lebih baik lakukan dengan selang-seling agar vitaminnya dapat bermacam-macam yang ada di tubuh kita. Karena yang berlebihan itu tidak baik. Makanan sehat untuk ibu hamil ini hanya sebagian kecil saja, dan ini adalah yang mudah di dapatkan disekitar anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar